Peserta Didik Diktukba Jalani Latja di Polresta Manado

MANADO, Humas Polresta Manado  – Menjelang pelantikan pada 22 Desember mendatang, para peserta didik Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri T.A. 2021 Polda Sulut mulai menjalani tahap Latihan Kerja (Latja) di Polresta dan Polres jajaran.

Seperti di jajaran Polresta Manado, yang menerima beberapa peserta Latja dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, Karombasan. Kemudian lima di antaranya melaksanakan Latja di Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Rabu (01/12) pagi.

Sementara itu Kasatlantas Polresta Manado Kompol Benyamin Undap, mengatakan, Latja dilakukan di Ruang Satpas dan Unit Lakalantas.

“Latja ini dilakukan sebagai pengenalan dan orientasi mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satlantas kepada para peserta,” ujarnya.

Materi pengenalan dan orientasi tersebut disampaikan langsung oleh Kasatlantas beserta Wakasatlantas, Kanit Regident, Kanit Lakalantas, dan staf.

Adapun materi tupoksi yang disampaikan di antaranya tentang struktur organisasi, tugas-tugas, jumlah personel dan gambaran umum pelaksanaan tugas.

Para peserta Latja juga diajak melihat langsung sekaligus praktek singkat pada tiap loket pelayanan Unit Regident, mulai dari pendaftaran, verifikasi, identifikasi, uji teori, uji praktek, pencetakan, dan pengarsipan.

Kemudian di Unit Lakalantas, para peserta Latja pun diajak melihat langsung dan mendapat penjelasan terkait mekanisme penanganan kecelakaan, administrasi penyidikan, dan olah TKP.

Kompol Benyamin Undap menerangkan, Latja ini bertujuan memberikan bekal wawasan dan pengetahuan tugas-tugas Polri khususnya di bidang lalu lintas kepada para peserta.

“Diharapkan para peserta Latja bisa mengetahui tugas-tugas di Satlantas. Sehingga nanti setelah dilantik menjadi anggota Polri dan ke depan apabila ditugaskan di Satlantas, maka sudah memiliki bekal dasar mengenai tugas-tugas yang akan dilaksanakan,” pungkas Kompol Benyamin Undap.

Dijadwalkan, pada Kamis (02/12) para peserta Latja melakukan orientasi tugas di Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) serta Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *