KASAT NARKOBA RILIS PENANGKAPAN PENGEDAR RIBUAN TRIHEX DI MANADO

MANADO, Humas Polresta Manado – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Manado berhasil menangkap dua orang pengedar obat terlarang jenis trihexphenydil (trihex).

Keduanya adalah HD alias Eman (33), warga Kelurahan Ketang Baru Kecamatan Singkil, dan RAB alias Kiki (26), warga Kelurahan Banjer kecamatan Tikala Kota Manado.

Kasat Narkoba, Kompol Ellia Maramis saat Konferensi Pers di lantai 3 Mapolresta Manado, Senin (11/12/2017) jam 14.00 Wita mengatakan, anggotanya pertama kali menangkap HD di rumahnya, Kamis (7/12/2017) sekitar pukul 15.30 WITA. Penangkapan ini berdasarkan pengembangan dari informasi yang diterima sepekan sebelumnya.

“Saat digeledah di rumahnya, anggota menemukan barang bukti berupa pil jenis PCC warna putih sebanyak 10 butir dan trihex warna kuning sebanyak 958 butir,” ujar Maramis pada Jumpa Pers di Aula Mapolresta Manado, Senin (11/12/2017) siang.

Berselang dua hari kemudian, Sabtu (9/12/2017) sore, lanjut Maramis, anggotanya menangkap RAB, pengedar lainnya di salah satu hotel kelas melati di Kelurahan Paal Empat Kecamatan Tikala. RAB tidak berkutik saat digerebek di dalam kamar nomor 25.

“Pelaku sedang membuka paket berisi 4900 butir trihex dan menyortir ke dalam plastik kecil untuk diedarkan. Paket dikirimkan melalui jasa pengiriman dari Makassar,” ungkap Maramis yang saat itu didampingi Kasubag Humas AKP Roly Sahelangi.

Lanjut Maramis, anggotanya juga menyita uang barang bukti dari tangan HD sebesar Rp 25 ribu dan dari tangan RAB sebesar Rp 136 ribu. Kedua pelaku telah ditetapkan tersangka karena melanggar Pasal 196 dan pasal 197  Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

“Ancaman hukumannya, 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 milliar,” pungkas Maramis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *