POLRESTA MANADO VERIFIKASI PENDAFTARAN TARUNA AKPOL DAN BINTARA POLRI

MANADO, Humas Polresta Manado- Polri membuka pendaftaran terpadu untuk Taruna Akpol mulai tanggal 30 Maret s.d.18 April 2022 dan Bintara Polri mulai tanggal 31 Maret s.d. 11 April 2022, dengan mendaftar online melalui penerimaan.polri.go.id selanjutnya melaksanakan verifikasi di Polresta Manado.

Seperti terlihat di Aula Polresta Manado, hari ini Rabu (06/04/2022), berlangsung proses verifikasi pendaftaran Taruna Akpol dan Bintara Polri yang diawasi langsung Kapolresta Manado dan Kabag SDM Polresta Manado.

Sejak dibuka mulai 30 Maret 2022 hingga hari ini, sudah puluhan pendaftar yang datang ke Polresta Manado. Terpantau sampai siang ini, ada sekitar 50 pendaftar yang mayoritas lulusan SMA atau sederajat mendatangi Polres untuk melakukan proses verifikasi, setelah mendaftar secara online.

“Hingga hari ke-8 usai Pendaftaran online dibuka, peminat yang mendaftar dari wilayah Sulawesi Utara sebanyak 40 pendaftar Bintara dan 4 Akpol. Pendaftaran dibuka mulai 30 Maret s.d. 18 April 2022 untuk Taruna Akpol dan tanggal 31 Maret s.d. 11 April 2022 untuk Bintara Polri “kata Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P.Sirait,S.H.,S.I.K

Adapun proses verifikasi yang dilaksanakan di Polresta Manado antara lain Informasi dan Kelengkapan Berkas, Pengukuran Tinggi dan Berat Badan, Pemeriksaan KTP/KK/Akte, Pemeriksaan Ijasah/SKHUN serta Pemeriksaan Ijasah/Raport, Pemeriksaan Administrasi, Verifikasi dan Perekaman Wajah.

Saat akan melakukan verifikasi di Polresta Manado, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P.Sirait,S.H.,S.I.K mengatakan agar pendaftar perlu memperhatikan ketentuan – ketentuan yaitu

1.Wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker medis, membawa hasil swab antigen Negatif dan menunjukan sertifkat vaksin minimal dosis ke -2
2.Memakai pakaian batik lengan panjang, celana bahan warna hitam dan sepatu (bagi peserta yang masih sekolah atau kelas 12 boleh memakai seragam sekolah)
3.Memperhatikan sikap tampang untuk pria wajib mencukur rambut minimal 3-2-1 cm, mencukur kumis, Jenggot dan untuk wanita rambut diikat rapi, bagi yang muslim boleh mengenakan hijab
4.Dilarang mengenakan perhiasan yang berlebihan
5.Peserta wajib datang langsung tidak boleh diwakilkan atau didampingi orangtua atau kerabat
6.Orangtua / wali atau siapapun yang berkaitan dengan peserta dilarang masuk kedalam area verifikasi

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P.Sirait,S.H.,S.I.K saat ditemui terkait pendaftaran Polri menyatakan bahwa seluruh proses penerimaan Polri tidak dipungut biaya apapun.

“Pendaftaran Polri ini gratis tanpa dipungut biaya, menggunakan prinsip BETAH: Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. Untuk mewujudkan seorang Polri yang BETAH, kemampuan diri dan juga prestasi calon anggota Polri sangat berperan dan diperhitungkan dalam proses pendaftaran anggota Polri.” Jelas Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P.Sirait,S.H.,S.I.K.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *