Polwan Goes to School, Kabag Sumda Polresta Manado Ajak Siswa Tangkal Hoax Dengan 4 C

MANADO, Humas Polresta Manado – MANADO, Humas Polresta Manado – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Polwan Polda Sulut dan Jajaran melaksanakan Kegiatan Polwan Goes To School Senin pagi (29/04/2019).

Kabag Sumda Polresta Manado Kompol Agnes Turambi, SE didampingi Kanit Dikyasa Iptu Pingkan Durant mendapat bagian berkunjung ke Yayasan Katolik YEEMYE Manado yang terdiri dari SMA Rex Mundi, SMP Pax Christy, SD dan TK St. Theresia dengan jumlah siswa sekitar 2000 orang.

Pagi itu, Kabag Sumda bertindak selaku Pembina Upacara  dalam upacara bendera yang digelar oleh Yayasan tersebut dan membacakan Amanat Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., M.M.

Dalam amanat tentang bahaya Hoax (Berita bohong), Kabag Sumda menyampaikan cara mengatasinya yaitu dengan 4 C. C yang pertama yaitu Cermati. Cermati Judul denga isi berita, cermati apakah penggunaan bahasanya etis, cermati waktu kejadian pasti atau tidak pasti.

Kedua yaitu Cek. Cek Sumber apakah media terverifikasi atau media abal-abal, cek tanggal berita apakah actual. Ketiga adalah Cari, cari perbandingan berita, cari klarifikasi yang dikeluarkan oleh media/Lembaga/forum anti hoax yang diakui pemerintah.

C yang keempat yakni Cepat. Cepat cari perbandingan berita, cepat cari klarifikasi yang dikeluarkan oleh media atau Lembaga atau forum anti hoax yang diakui pemerintah.

 

Kabag Sumda juga berpesan kepada para siswa untuk belajar dengan rajin,  giat berlatih dan tekun beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianut. “Buatlah bangga orangtua dan Guru-guru kalian, semoga kalian sukses dan menjadi orang yang berguna bagi Bangsa dan Negara”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Katolik Rex Mundi Manado Sr. Rita Manuel S. JMJ, S.Pd. MM saat ditemui usai kegiatan Upacara memberikan apresiasi kepada Kepolisian khususnya Polwan dengan kegiatan Goes to School karena memberikan pencerahan bagi para siswa, guru juga para karyawan yang ada serta berharap kegiatan yang sama dapat menjadi program rutin disekolah tersebut.

“kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat, memberikan pengetahun secara dini bagi para siswa untuk dapat menangkal terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, semoga menjadi program rutin di sekolah kami”, ujarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *